Selasa, 13 Juni 2017

Senyum dan Luka saat Kehilangan


Kehilangan seseorang yang kita cinta dan sayangi memang kenyataan yang paling sulit dalam hidup. Sebab orang tersebut pasti pernah membuat kita bahagia, menangis, senang, sedih, maupun benci. Semua itu ada kenangannya. 
Challenge ketiga ini, aku tiba-tiba inget seseorang yang telah pergi. Meninggalkan kenangan yang begitu indah dan penuh luka, bagiku. Beliau eyang kakungku~~ Aku dan sepupu-sepupu biasa memanggilnya atung. Maklumlah, anak kecil, masih cedal. Dan akhirnya kata "atung" masih kebawa sampai sekarang. 

Setiap inget sama atung, kadang aku sedih, penuh luka. Kadang-kadang seneng, ketawa-tawa sendiri. Sebab yaa ada banyak kenangan bersama atung, saat kecil dulu. 

Yang bikin aku bangga punya eyang kakung seperti atung adalah beliau orang yang religius dan nasionalisme. Mungkin karena atung lahir 17 Agustus 1943. Dua tahun sebelum kemerdekaan. Beliau punya cerita banyaak saat jaman penjajahan. Saat gaji PNS waktu itu cuma 3000 rupiah, saat ke kantor jalan kaki sebab belum ada kendaraan, saat satu telur ceplok dibagi untuk 4 orang, saat pengen beli bakso tapi harus sakit dulu, saat satu tas dan sepatu untuk bertahun-tahun, dan lain sebagainya.

Dulu, waktu atung muda, atung punya geng lho! Geng-nya ada 7 orang. Maybe mereka sekitar umur 17 tahunan. Nama geng mereka, kalau nggak salah iaitu "The Tirakat Gengs" 
Apa aja yang meraka lakukan?? 
Setiap hari mereka nongkrong di kuburan. Mengunjungi satu demi satu gundukan tanah sambil doain si mayat. Mereka bareng-bareng bacain surah yaasiin, ayat kursi, tiga qul, dsb bacaan tirakatan. Semua kuburan mereka jelajahi. Habislah masa muda mereka buat tirakat di kuburan.
Kata atung, tujuan mereka supaya mereka mendapat kebaikan pula. Boleh jadi, beberapa almarhum yang mereka kirim surah yaasiin itu adalah orang-orang yang beriman. Yang berada di sisi Tuhan. Atung dan temen-temennya berharap, almarhuma doain balik mereka. 
Alhasil, di masa tua atung dan temen-temennya nggak ada yang hidup susah. Semua jadi PNS, minimal. Nggak cuma mereka bertujuh, tapi kebaikannya pun sampai ke anak-anak mereka. Sukses semua sampai turunannya. 

"The Tirakat Gengs" ini ternyata nggak berhenti di masa muda atung. Atung dan temen-temennya, masih lanjut tirakatan. Tapi nggak di kuburan, di masjid. Mereka qiyamul lail di masjid sampai tua. Kata pak ustad, guru ngajiku, dulu atung emang rajin ke masjid, buat sholawat nariyahan. Satu malam bisa sampai 4.444 kali jamaah membaca sholawat nariyah. Aahh aku yang nge-fly, aku yang bangga, aku yang senyum-senyum sendiri saat pak ustad cerita itu. (^O^)~~ Sampai aku bilang ke temen-temenku, "itu atungku... yang lagi diceritain pak ustad" XD

Dari cerita atung, ada hikmah yang indah. Atung dan temen-temennya rajin doain orang lain. Sehingga setiap kebaikan pun kembali ke mereka. Setiap malam, mereka membaca 4.444 kali sholawat nariyah, hingga insyaallaah Allah bakal cinta sama mereka. Kehidupan mereka jadi dipermudah sama Allah.

Kereligiusan atung yang lain, atung nggak capek-capeknya nasihatin aku supaya setiap ada keinginan, aku harus minta Allah. Harus dihaturkan, diomongin, diucap. Nggak boleh dipendem. Meskipun Allah Maha Tahu dan Maha Mendengar, kalau kita punya impian, harus disampaikan.

Kalau inget cerita-cerita itu, suka bikin sedih. Rasanya pengen terus bersama atung. Pengen digandeng terus sama beliau. Beliau ialah penasihat terbaik sepanjang masa. Tapi, kebanggaan itu muncul setelah atungku ngga ada. Dulu, waktu masih ada, aku lebih sering nggak acuh sama beliau. Sekarang? Merasa kehilangan banget~~

Lepas dari itu, disisi lain, aku punya kenangan yang suka bikin ketawa sendiri. Dulu, setiap kali aku nonton TV sama atung, atung selalu ngomentarin. Dari kecil, aku udah doyan sinetron, nontonnya sinetrooon teruus. Nah, tiap ada adegan orang nangis, atung selalu bilang: "Kui ki ngapusi le nangis.." (itu tuh cuma bohongan)
Adegan orang pingsan juga, dikomentarin, "Kui ki etok-etok le tibo" wkwq. 
Yakali aku ngga tau. Walaupun masih kecil, aku juga udah mudeng kalik kalau sinetron itu bukan kejadian nyata XD

Aku bahagia kalau inget kenangan bersama atung. Tapi langsung sakit hati dan sedih ketika inget detik-detik menjelang kepergiannya. Waktu itu atung nyuruh aku bacain surah yaasiin untuknya. Aku emang udah bisa baca Al-qur'an, udah khataman pula. Tapi aku nggak mau, entah kenapa. Atung sampai nangis, aku juga. Rasanya sedih, tapi kok aku gamau ya, bacain surah yaasiin? Aku lupa.
Sampai wafat, atung belum denger bagaimana bacaan Al-qur'anku. Itu salah satu penyesalan paling sakit sepanjang hidupku ini. But yaudahlah, udah terjadi, jangan sampai aku menyesal seumur hidup dan terjebak di pertanyaan why and why.


Mungkin segitu dulu deh ceritanya, insyaallaah next time, aku lanjutin lagi cerita tentang atung ini. Karena masih banyak hal tentang beliau yang harus diteladani~~ hikmahnya luar biasa (^O^)``

Thank you buat kampus fiksi, berkat challenge ini, aku bisa flashback ke jaman dulu, jaman belum ada gadget, he. Kebahagiaan yang sederhana tetapi lebih berfaedah :)

Hari ketiga, #7DaysKF #writingchallenge


7 komentar:

  1. Semoga bermanfaat nisa. Jazakillah :)

    BalasHapus
  2. Uuhh💕💕 bagus mirr lanjutkan,semoga hasil karya sastramu bisa membawa berkah yaa mir

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAMIIN, (^O^) thank you titis// semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Ng fans mbahe Almira. �� Terhura mir.. .semoga khusnul khotimah. Amin amin..

    BalasHapus
  4. Subhanallah mir, bagus bangeeet sukaaa�������� jadi terharu ginii����

    BalasHapus

Sila tinggalkan komentar untuk hal yang perlu disampaikan :)